Jumat, 13 Januari 2012

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja



1. Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja

a. KesehatanKerja
            Pengertiansehatsenantiasadigambarkansebagaisuatukondisifisik, mental dansosialseseorang yang tidaksajabebasdaripenyakitataugangguankesehatanmelainkanjugamenunjukankemampuanuntukberinteraksidenganlingkungandanpekerjaannya.
            Paradigmabarudalamaspekkesehatanmengupayakan agar yang sehattetapsehatdanbukansekedarmengobati, merawatataumenyembuhkangangguankesehatanataupenyakit.
            Olehkarenanya, perhatianutamadibidangkesehatanlebihditujukankearahpencegahanterhadapkemungkinantimbulnyapenyakitsertapemeliharaankesehatanseoptimalmungkin.

Status kesehatanseseorang, menurutblum (1981) ditentukanolehempatfaktoryakni :
1. Lingkungan,berupalingkunganfisik (alami, buatan) kimia (organik / anorganik, logamberat, debu), biologik (virus, bakteri, microorganisme) dansosialbudaya (ekonomi, pendidikan, pekerjaan).

2. Perilaku yang meliputisikap, kebiasaan, tingkahlaku.

3. pelayanankesehatan:promotif, perawatan, pengobatan, pencegahankecacatan, rehabilitasi, dan.

4. genetik, yang merupakanfaktorbawaansetiapmanusia.
            “pekerjaanmungkinberdampaknegatifbagikesehatanakantetapisebaliknyapekerjaandapat pula memperbaikitingkatkesehatandankesejahteraanpekerjabiladikeloladenganbaik.     Demikian pula status kesehatanpekerjasangatmempengaruhiproduktivitaskerjanya.Pekerja yang sehatmemungkinkantercapainyahasilkerja yang lebihbaikbiladibandingkandenganpekerja yang terganggukesehatannya”.
           
            Konsepkesehatankerjadewasainisemakinbanyakberubah, bukansekedar “kesehatanpadasektorindustri” sajamelainkanjugamengarahkepadaupayakesehatanuntuksemua orang dalammelakukanpekerjaannya (total health of all at work).
b. KeselamatanKerja
            Keselamatankerjaatau Occupational Safety, dalamistilahseharihariseringdisebutdengan safety saja, secarafilosofidiartikansebagaisuatupemikirandanupayauntukmenjaminkeutuhandankesempurnaanbaikjasmaniahmaupunrohaniahtenagakerjapadakhususnyadanmanusiapadaumumnyasertahasilbudayadankaryanya. Dari segikeilmuandiartikansebagaisuatupengetahuandanpenerapannyadalamusahamencegahkemungkinanterjadinyakecelakaandanpenyakitakibatkerja.
            PengertianKecelakaanKerja (accident) adalahsuatukejadianatauperistiwa yang tidakdiinginkan yang merugikanterhadapmanusia, merusakhartabendaataukerugianterhadap proses.
            PengertianHampirCelaka, yang dalamistilah safety disebutdenganinsiden (incident), adajuga yang menyebutkandenganistilah “near-miss” atau “near-accident”, adalahsuatukejadianatauperistiwa yang tidakdiinginkandimanadengankeadaan yang sedikitberbedaakanmengakibatkanbahayaterhadapmanusia, merusakhartabendaataukerugianterhadap proses

c. FaktorRisiko di TempatKerja
            Berkaitandenganfaktor yang mempengaruhikondisikesehatankerja, sepertidisebutkandiatas, dalammelakukanpekerjaanperludipertimbangkanberbagaipotensibahayasertaresiko yang bisaterjadiakibatsistemkerjaataucarakerja, penggunaanmesin, alatdanbahansertalingkungandisampingfaktormanusianya.
            Istilah hazard ataupotensibahayamenunjukanadanyasesuatu yang potensialuntukmengakibatkancederaataupenyakit, kerusakanataukerugian yang dapatdialamiolehtenagakerjaatauinstansi. Sedangkemungkinanpotensibahayamenjadi manifest, seringdisebutresiko. Baik “hazard” maupun “resiko” tidakselamanyamenjadibahaya, asalkanupayapengendaliannyadilaksanakandenganbaik.

Ditempatkerja, kesehatandankinerjaseseorangpekerjasangatdipengaruhioleh:

1. BebanKerjaberupabebanfisik, mental dansosialsehinggaupayapenempatanpekerja yang sesuaidengankemampuannyaperludiperhatikan.

2. KapasitasKerja yang banyaktergantungpadapendidikan, keterampilan, kesegaranjasmani, ukurantubuh, keadaangizidansebagainya.

3. lingkunganKerjasebagaibebantambahan, baikberupafaktorfisik, kimia, biologik, ergonomik, maupunaspekpsikososial.

            Agar dapatmengurangikeluhan-keluhanpadasaatbekerjadenganmenggunakankomputer, adabaiknyatempat yang digunakandalamuntukmelakukanaktivitasmenggunakankomputerhendaknyadirancangsedemikianrupasehingga
KesehatandanKeselamatanKerjaDalampenggunaanKomputerdapatditerapkandenganbaik.

1. PosisiDuduk
            Padasaatbekerjamenggunakankomputerposisidudukharusdiperhatikan.Disarankan, agar dudukdalamposisitegakdanrileksjugadisarankan agar salahsatudari kaki agakmajukedepan.

2. MejaKomputer

            Agar lebihnyamanbekerjagunakanlahmejakomputer yang mempunyaialatsandaran kaki danbagianbawahmeja yang luas agar kaki dapatbergerakbebas.Penggunakomputerjugaharusmemilihkursidanmeja yang sesuaidengantinggibadan..pergunakanlahkursi yang fleksibel (dapatdiaturtinggirendahnya) dansandarannyamengikutilekukpunggung .

3. Filter Layar Monitor
            Padasaatmelakukanaktifitaspekerjaanmenggunakankomputer, mataakanselalumelihatkearah monitor ataupun keyboard. Karena monitor adalahlayar yang sensitive danbisamemancarkanradiasiolehkarenaituperluadanyapemasangan filter atau screen guard padalayar monitor anda, agar keluhanpadamatadapatdihindari.

Cara-cara agar menjagamatatetapsehatyaitusebagaiberikut :
  • Mata jugamemerlukanistirahatkarenaitucobalahuntukmelihatpemandangan yang bisamenyejukkanmatasecararutin.
  • Jagalahkebersihankacamataataulensakontakuntukmenjagakesehatanmataanda.



4.  Keyboard 

            Tanpakitasadari, nyeriotot yang terjadipadapenggunaankomputermerupakangabungandaripenggunaankesuluruhanperangkatkomputer, termasuk keyboard. Keyboard yang tetapdiusulkansebagai keyboard resmidiputuskan di AmerikaSerikatuntuktetapdigunakandalam Standard Institute tahun 1968 danmelalui ISO tahun 1971 adalah keyboard yang seringkitagunakanyaitu keyboard QWERTY. Keputusaninisebenarnyalebihmemperhatikanmasalahekonomidibandingkanmasalah ergonomic.

            Keyboard QWERTY belummemberikanbeban yang samapadajaripadasaatpengetikan. Teknikpengetikan 10 jaridengan keyboard QWERTY tetapsajalebihmemberatkantangankiri.Tugastangankirilebihbanyakmelakukanpengetikandibandingtangankanan (lebihkurang 60% daripengetikan).Namunsebenarnyahaliniakanlebihmenguntungkanbuatmereka yang biasamenggunakantangankiri. Namuntidakdemikianhalnyadengan yang biasamenggunakantangankanan.Tombol-tombolpadabaristengah yang paling mudahdicapaiolehjaritangankananmaupuntangankiriternyatahanyaditekan 30% dariwaktupengetikan.jari-jarilebihseringmelompatkebarisatasmaupunbarisbawah. Iniakanberpengaruhbesarpadapergelangantangan. Inilah yang seringdikeluhkan, pegalpadapergelangantanganpadasaatmengetik.

            Jadikarenakitamasihmengetikdengan keyboard QWERTY makamasalahnyeriototdanpergelangantanganakantetapmuncul. Untukmengatasinya, padasaatmengetikapabilamulaiterasapegalmakaberhentilahdanlemaskanlahpergelangantangandanjari.Kemudianberusahalahuntukmengetikdenganrileks (seperti orang memainkan piano) danbiasanyapadasistempengetikan 10 jari, dianjurkanpunggungtanganuntuktidakbersandarpadameja keyboard karenamenyebabkanjariakantidakleluasabergerakpadasaatmengetikapalagiuntukmengetiktombol yang adapadabagianatas.
Keyboard klockenberg
            Tapiapabilakeluhanmasihmunculjugamakagantilahjenis keyboard andadengan keyboard yang katanyamemperhatikanmasalahergonomiseperti keyboard KLOCKENBERG . Keyboard inidibuatsebagaipenyempurnaandarijenis keyboard sebelumnya.

5. Printer
            Printersebagaiperangkatuntukmencetak data ternyatadapat pula menimbulkankelelahankerja. Suarabisingdarimesin printer inilah yang disinyalirsebagaipenyebabnya.Untukmengatasikebisinganini, gunakanlah printer yang paling rendahtingkatkebisingannyaseperti printer dengansistem laser atau inkjet.

download filenya disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar