Jumat, 13 Januari 2012

Struktur dan Fungsi Komputer

Struktur dan Fungsi Komputer

      Peralatan/Komponenpada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output. Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
      Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Gambar 1. Struktur Komputer
      Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
1)  Struktur dan Fungsi Komputer
     Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok  Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur tersebut adalah sebagai berikut:
a)  Input Device (AlatMasukan)
      Adalahperangkatkeraskomputer yang berfungsisebagaialatuntukmemasukan data atauperintahkedalamkomputer. Input device adalahalat yang digunakanuntukmenerima input dariluarsistem, dandapatberupa signal input atau maintenance input. Di dalamsistemkomputer, signal input berupa data yang dimasukkankedalamsistemkomputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakanuntukmengolah data yang dimasukkan.Dengandemikian, alat input selaindigunakanuntukmemasukkan data jugauntukmemasukkan program.
      Beberapaalat input mempunyaifungsiganda, yaitudisampingsebagaialat input jugaberfungsisebagaialat output sekaligus. Alat yang demikiandisebutsebagaiterminal.Terminal dapatdihubungkankesistemkomputerdenganmenggunakankabellangsungataulewatalatkomunikasi.
      Peralatan yang hanyaberfungsisebagaialat input dapatdigolongkanmenjadialat input langsungdantidaklangsung. Alat input langsungyaitu input yang dimasukkanlangsungdiprosesolehalatpemroses, sedangkanalat input tidaklangsungmelalui media tertentusebelumsuatu input diprosesolehalatpemroses.




Contoh-contohKomponen Input computer     :
 (1) Keyboard
     Merupakanalat input standart  yangdiperlukandalamsetiap PC. Komponeninitidakmengalamiperkembangan yang pesat.Hanyadalamkonektordalam PC nyasaja yang mengalamiperkembangan.Dimulaidengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baruberkembangsekaranginiadalah keyboard wireless.



(2) Mouse
      Mouse merupakankomponen input yang sanagtdiperlukanjikamenggunakansistemoperasigrafis. Mouse lebihbanyakeprkembangannyadaripada keyboard.
Mualidari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dansaat  mouseoptik.
Gambar 5. Mouse Serial
Gambar 6. Mouse PS/2

Gambar 7.Mouse Optik                      Gambar 8. Mouse Ball




b)  Output Device (AlatKeluaran)
     Adalahperangkatkeraskomputer yang berfungsiuntukmenampilkankeluaransebagaihasilpengolahan data.Keluarandapatberupahard-copy (kekertas), soft-copy (ke monitor), ataupunberupasuara.
     Output yang dihasilkandaripemrosesdapatdigolongkanmenjadiempatbentuk, yaitutulisan (huruf, angka, simbolkhusus), image (dalambentukgrafikataugambar), suara, danbentuk lain yang dapatdibacaolehmesin (machine-readable form). Tigagolonganpertamaadalah output yang dapatdigunakanlangsungolehmanusia, sedangkangolonganterakhirbiasanyadigunakansebagai input untuk proses selanjutnyadarikomputer. Peralatan output dapatberupa:
  Hard-copy device, yaitualat yang digunakanuntukmencetaktulisandanimage pada media kerassepertikertasatau film.
Contohhard-copy devicce:

Gambar 8. Printer
  Soft-copy device, yaitualat yang digunakanuntukmenampilkantulisandanimage pada media lunak yang berupasinyalelektronik.
Gambar 9.Proyektor                      Gambar 10. Monitor
  Drive device ataudriver, yaitualat yang digunakanuntukmerekamsimboldalambentuk yang hanyadapatdibacaolehmesinpada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alatiniberfungsiganda, sebagaialat output danjugasebagaialat input. Sekarang media penyimpan yang berkembangadalah disk drive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.
Gambar11l. Hard Disk         Gambar 12. CD-RW


Gambar 13. Disk Drive

c)  I/O Ports
Bagianinidigunakanuntukmenerimaataupunmengirim data keluarsistem. I/O Port jugabiasadisebutdenganbagian interface (antarmuka) karenaperalatan input dan output di atasterhubungmelalui port ini.
d)  CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakanotaksistemkomputer, danmemilikiduabagianfungsioperasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagaipusatpengolah data, dan CU (Control Unit) sebagaipengontrolkerjakomputer.
 

     CPU merupakantempatpemrosesinstruksi-instruksi program, yang padakomputermikrodisebutdenganmicro-processor (pemrosesmikro).Pemrosesiniberupa chip yang terdiridariribuanhinggajutaan IC. Dalamduniadagang, pemrosesinidiberinamasesuaidengankeinginanpembuatnyadanumumnyaditambahdengannomorseri, misalnyadikenalpemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel denganseri 80486 DX2-400 yang dikenaldengankomputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenaldengankomputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dansebagainya. Masing-masingprodukinimempunyaikelebihandankekuranganmasing-masing.
e)  Memori
(1) Random Access Memory (RAM)
     Semua data dan program yang dimasukkanmelaluialat input akandisimpanterlebihdahulu di memoriutama, khususnya RAM, yang dapatdiaksessecaraacak (dapatdiisi/ditulis, diambil, ataudihapusisinya) olehpemrogram. Struktur RAM terbagimenjadiempatbagianutama, yaitu:
  Input storage, digunakanuntukmenampung input yang dimasukkanmelaluialat input.
  Program storage, digunakanuntukmenyimpansemuainstruksi-instruksi program yang akandiakses.
  Working storage, digunakanuntukmenyimpan data yang akandiolahdanhasilpengolahan.
  Output storage, digunakanuntukmenampunghasilakhirdaripengolahan data yang akanditampilkankealat output.
     Input yang dimasukkanmelaluialat input akanditampungterlebihdahulu di input storage. Bila input tersebutberupa program makaakandipindahkanke program storage, danbilaberbentuk data makaakandipindahkanke working storage. Hasildaripengolahanjugaditampungterlebihdahulu di working storage danbilaakanditampilkankealat output makahasiltersebutdipindahkanke output storage.
 



(2) Read Only Memory (ROM)
     Dari namanyasaja, ROM hanyadapatdibacasehinggapemrogramtidakbisamengisisesuatukedalam ROM. ROM sudahdiisiolehpabrikpembuatnyaberupasistemoperasi yang terdiridari program-program pokok yang diperlukanolehsistemkomputer, sepertimisalnya program untukmengaturpenampilankarakter di layar, pengisiantombolkuncipapanketikuntukkeperluankontroltertentu, danbootstrap program. Program bootstrap diperlukanpadasaatpertama kali sistemkomputerdiaktifkan. Proses mengaktifkankomputerpertama kali inidisebutdengan booting, yang dapatberupacold booting atauwarm booting.
Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak boleh hilang  atau  rusak  karena  bila  terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada di dalamnya. ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta bisa diprogram kembali berulang-ulang. Disampingitu, adajugaEEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapatdihapussecaraelektronikdandapatdiprogramkembali.
download file disini:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar